Lembur

Kenapa orang harus istirahat di malam hari? Karena kebiasaan kah? Karena malam gelap hingga terhambat untuk bekerja kah? Hingga malam menjadi pilihan untuk beristirahat. Semuanya benar. Giddens menyebutkan bahwa ruang dan waktu adalah hambatan (constrain). Jadi manusia sebagai agen ada dalam ruang dan waktu itu, termasuk semua tindakan, perilaku yang menstruktur struktur atau distruktur oleh struktur.

Lamanya kebiasaan istirahat pada malam hari menyebabkan orang terbiasa istirahat pada malam hari. Hingga menjadi semacam pandangan umum bahwa bekerja di malam hari bukanlah suatu hal yang lumrah. Ini yang dimaksud oleh Giddens dengan time. Manusia sebagai agen tidak bisa terlepas dari kungkungan space dan time ini. Jangan heran bila pandangan umum terjadi akibat sejarah yang menyejarah dan disejarahkan secara tidak sengaja.

Zaman dulu, mungkin orang hanya bergantung pada cahaya bulan dan api ketika harus melakukan aktifitas di malam hari. Itu sangat tidak efektif sekali. Sampai-sampai orang-orang terpaksa memilih untuk beristirahat, selain di samping itu manusia juga mempunyai keterbatasan energi untuk tidak berhenti beraktifitas. Makanya kaitan kuat antara ruang (space) dan waktu (time) ini adalah dengan tubuh (body).

Jangan heran bila pada saat manusia sudah bisa mengatasi gelap malam, manusia mulai tidak menghendaki bahwa malam hanya untuk beristirahat. Bahkan di tempat lain, manusia memang harus beraktifitas di waktu malam karena malam sangat panjang seperti yang terjadi di daerah-daerah bermusim lebih dari dua musim.

Efektifitas bekerja bahkan mengangkangi anjuran agama (baca: Islam) untuk beristirahat dan beribadah di waktu malam. Pembagian waktu ini sangat efektif dimana kedisiplinan mampu mengatasi ruwet dan idiotnya kesibukan. Kesibukan selalu bisa diatasi dengan kedisiplinan. Percayalah. Sedangkan kesibukan dan tindakan indisipliner, terutama yang berkaitan dengan waktu, acapkali terjadi akibat tiadanya disiplin yang menyatu dengan komitmen.

Selamat beraktifitas! Karena manusia ada karena aktifitas dan kerjanya.

Posting Komentar

0 Komentar